MEDAN – KONI Sumatera Utara mengapresiasi kegiatan “Pelatihan Liputan Menuju PON 2024” yang digelar oleh Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Medan, Senin (24/7).

Pelatihan jurnalistik dikhususkan kepada wartawan olahraga yang akan menjadi peliput PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Terdapat 60 wartawan dari sejumlah media nasional maupun lokal mengikuti pelatihan yang digelar hingga Selasa (25/7) besok.

Wakil Ketua I KONI Sumut, Prof Agung Sunarno, mengatakan pelatihan tersebut sangat luar biasa dan pihaknya tak menyangka peserta pelatihan mencapai 60 orang dari berbagai media yang nantinya akan bertugas meliput PON XXI/2024.

Selama ini, banyak pemberitaan muncul terkait persiapan pelaksanaan PON Aceh-Sumut, baik pembangunan venue maupun persiapan atlet menjalani pemusatan latihan. Meski media berbeda, rata-rata berita yang disuguhkan sama. Untuk itu ke depan lebih diperlukan inovasi oleh wartawan olahraga dalam penyajian berita agar lebih bervariasi dan tajam.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat menambah kemampuan dan ilmu para wartawan sehingga pemberitaan lebih berkualitas,” kata Agung mewakili Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis.

Ketua Siwo PWI Sumut, Johny Ramadhan Silalahi, mengharapkan pelatihan itu dapat menambah pemahaman para wartawan dalam hal peliputan olahraga. Khususnya multi event seperti PON XXI, saat Aceh dan Sumut menjadi tuan rumah bersama.

Dikatakan, banyak wartawan olahraga yang ikut pelatihan belum pernah meliput multi event seperti PON. Untuk itu, pelatihan ini harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menambah ilmu dan pemahaman teknik peliputan multi event.

“Korek ilmu dengan maksimal dari pemateri yang memang sudah berpengalaman. Minimal sebagai bekal peliputan olahraga, apalagi nanti di PON kita adalah tuan rumah bersama Aceh.Tentunya sharing pengalaman dari pemateri sangat berharga bagi kita baik soal pemahaman maupun istilah dalam olahraga,” ujar Johny.

Sebagai pemateri, Drs M Syahrir MIKom yang juga Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut memaparkan ‘Etika Liputan Multi Event PON XXI/2024’, Prof Agung Sunarno membawakan ‘Strategi KONI Sumut Menghadapi PON XXI/2024’, dan SR Hamonangan Panggabean (Wapemred Harian Analisa) berbagi pengalaman meliput multi event nasional dan internasional. (pwisumut)