MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara terpaksa menunda pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 58 Tahun 2023, dikarenakan belum cairnya dana hibah yang telah dianggarkan Pemprov Sumut.

“Hingga saat ini dana hibah untuk kami belum juga cair. Jadi, kami terpaksa menunda pelaksanaan UKW tersebut jadi sekitar bulan Oktober,” ujar Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, Minggu (27/8).

Farianda menjelaskan, seyogianya pelaksanaan UKW tersebut dijadwalkan berlangsung 1-2 September 2023 di salah satu hotel di Kota Medan. Selain UKW, kegiatan juga dirangkai dengan pra UKW dan ujian kenaikan status Anggota Biasa PWI Sumut.

“Kita telah mengagendakan tiga kegiatan itu selama empat hari mulai 30 Agustus nanti. Mengingat dana hibah belum turun, maka terpaksa kami tunda,” ungkap Farianda.

Ditanya alasan anggaran yang ditampung di Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tahun Anggaran 2023 belum cair, Farianda mengaku tidak tahu pasti alasannya. Diakui, segala syarat administrasi telah dipenuhi dan tidak ada masalah terkait pemberkasan.

“Bahkan, kami telah bolak balik memperbaiki berkas dan hingga saat ini tak ada masalah lagi. Farianda menyebutkan dana hibah tersebut belum cair dikarenakan memang belum ditandatangani Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus.

“Infonya, Kadis Kominfo belum menandatangani berkas karena menunggu persetujuan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi. Luar biasa pencairan dana hibah harus bertanya dulu kepada Gubsu,” ungkap Farianda.

Agar program kerja PWI Sumut tidak tertunda dan terpengaruh, Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Medan Pos itu menambahkan pihaknya akan menjalin kerja sama dengan mitra-mitra dan relasi.

“Kami tentu tidak mau program-program itu tak terlaksana. Jadi, kami akan jalin kerja sama dengan para mitra guna mendukung kegiatan-kegiatan dimaksud,” pungkasnya.

Dalam waktu dekat ini, PWI Sumut juga akan memberangkatkan pengurus mengikuti Kongres PWI di Bandung pada 24-27 September 2023. (pwisumut)