MEDAN – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 59 dan 60 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Hotel Swiss-Belinn Medan berakhir Rabu (8/11). Dari 48 peserta, 42 orang dinyatakan kompeten.

“Bagi peserta yang belum kompeten, jangan kecil hati. Mari belajar dan terus belajar meningkatkan kemampuan, yakinlah pasti memberikan kebaikan dan menguntungkan pribadi, ” ujar Direktur UKW PWI Pusat, Firdaus Komar, mewakili Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun.

Selanjutnya, Firdaus yang juga salah satu penguji menyampaikan rasa salut akan kinerja Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE yang bisa menyelenggarakan UKW dengan kerja sama pihak ketiga. Begitu juga para stakeholders, Firdaus menyampaikan apresiasi karena berkenan membantu dan peduli terhadap PWI menggelar UKW.

“Ini membuktikan tanggung jawab PWI lebih besar. Wartawan garda terdepan dalam penyampaian berita. Semua berharap output-nya menjadikan wartawan profesional dan berkualitas,” tambahnya.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, mengaku prihatin dengan adanya enam peserta yang dinyatakan belum kompeten. Farianda pun tetap mengajak para wartawan tidak perlu berkecil hati, melainkan tetap semangat dan berusaha.

“Enam bulan lagi, ayo coba ikut UKW lagi sambil berusaha dan belajar. Selaku Parhobas (pelayan), kita akan prioritaskan tetap memfasilitasi seluruh anggota agar bisa meningkatkan kualitas pendidikannya,” ucap Farianda.

Mewakili tim penguji nasional, M Syahrir menyampaikan UKW angkatan 59 dan 60 di Sumut merupakan pelaksanaan ke-755 kali dengan PWI sebagai lembaga uji. Total, PWI telah melahirkan 18.454 wartawan kompeten di seluruh Indonesia. (pwisumut)