JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun membuka kegiatan asesmen psikotes bagi para penguji UKW PWI di Kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Jakarta, Sabtu (18/11).

Kegiatan ini adalah bagian dari kerja pengurus PWI Pusat periode 2023-2028 menjadikan PWI sebagai organisasi profesi wartawan yang profesional. Didampingi Sekjen Sayid Iskandarsyah dan Direktur UKW Firdaus Komar, Hendry menambahkan bahwa kegiatan asesmen psikotes merupakan langkah awal menuju PWI yang profesional.

Direktur UKW Pusat, Firdaus Komar, mengatakan kegiatan asesmen psikotes dibagi dalam dua batch. Setelah batch pertama dilaksanakan pada Sabtu (18/11), PWI akan melanjutkan batch kedua pada 25 November mendatang.

Dalam batch pertama, asesmen psikotes yang dilaksanakan oleh Matahati Consulting sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan SDM diikuti oleh 55 peserta. Di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun, PWI Pusat fokus pada bidang pendidikan dan meningkatkan kompetensi wartawan.

Guna mendukung program itu, Lembaga Uji PWI kini fokus membenahi internal. Salah satunya dengan menyeragamkan standar para penguji UKW PWI. Setelah asesmen psikotes, kegiatan akan dilanjutkan dengan program lanjutan seperti penyegaran beberapa aspek pengetahuan dan ketrampilan termasuk pakta integritas dan pemahaman kode etik penguji UKW.

Melalui kegiatan asesmen, Hendry mengharapkan PWI bisa menjaring dan menempatkan penguji sesuai bidang dan kompetensinya. Tidak sekadar itu, berdasarkan data-data objektif hasil asesmen psikotes, PWI juga bisa memeta kemampuan dan potensi para penguji baik di tingkat pusat maupun daerah.

Founder Matahati Consulting, Tutut Handayani MPsi, mengungkapkan pihaknya merupakan lembaga yang bergerak di bidang pengembangan SDM yang independen dan kompeten dalam asesmen psikotes.

Setelah asesmen, Tutut menambahkan pihaknya akan mevalidasi untuk menjaga objektivitas datanya. Dalam kegiatan asesmen ini, Matahati Consulting menyiapkan tim yang terdiri atas 12 orang.

Dari PWI Sumut, kegiatan asesmen diikuti oleh empat penguji. Mereka adalah Austin Tumengkol, Amru Lubis, Rizal Rudi Surya, dan Edward Thahir. Para penguji dari PWI Sumut yang sudah lulus asesmen sebelumnya adalah M Syahrir, Dedi Sahputra, dan Ronny Simon.

Kegiatan asesmen psikotes ini juga didukung oleh PT Bank Jabar Banten Tbk, Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI), MS Glow, dan Nestle Indonesia. (pwipusat)