TANJUNGBALAI – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 61 di Tanjungbalai ditandai dengan kelulusan 10 peserta tingkat muda, Rabu (22/11). Kegiatan resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai Nurmalini Marpaung.

UKW Angkatan 61 yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tanjungbalai di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Tanjungbalai diikuti oleh 18 peserta. Adapun peserta berasal dari Kota Tanjungbalai, Kisaran, Batubara, Labura, Siantar, dan Deli Serdang.

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut, Drs M Syahrir MIKom mengucapkan selamat kepada 10 peserta yang dinyatakan kompeten dan memberi motivasi kepada delapan peserta lainnya yang belum lulus.

“Bagi yang belum kompeten, jangan menyerah dan putus asa, teruslah belajar. Karena kalian bisa nanti mengikuti UKW enam bulan ke depan. Ingat, kegagalan ini adalah keberhasilan yang tertunda,” ucapnya.

Lebih lanjut, Syahrir juga mengatakan bahwa ini adalah pertama kali dilaksanakannya UKW di Kota Tanjungbalai. Ketua PWI Sumut periode 2010-2015 itu turut berharap Forkopimda setempat dapat mendukung program-program PWI Kota Tanjungbalai.

Sekda Kota Tanjungbalai, Nurmalini Marpaung, menyebutkan bahwa program UKW sudah diajukan dari tahun 2017. Hanya saja, pelaksanaannya dengan menggunakan APBD baru terlaksana pada tahun 2023.

Nurmalini juga berharap pelaksanaan UKW di Kota Tanjungbalai dapat dilaksanakan setiap tahun untuk menjadikan wartawan yang kompeten dan profesional.

“Kami, Pemerintah Kota Tanjungbalai, akan mendukung dan bersinergi dengan PWI Tanjungbalai serta berharap kegiatan UKW ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” sebutnya. (pwisumut)