SIANTAR – Hasuna Damanik akhirnya terpilih lagi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Simalungun untuk periode 2023-2026 di Hotel Sing A Song, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa (28/11).

Hasuna menjadi satu-satunya calon ketua yang mendaftar pada Konferensi IV PWI Kabupaten Simalungun. Awalnya, wartawan senior Harian Waspada tersebut enggan maju dua periode. Namun, PD-PRT yang baru disahkan pada Kongres PWI di Bandung pada September lalu menjadikannya maju lagi.

Pasalnya, PD-PRT menyebutkan calon ketua PWI kabupaten/kota diharuskan memiliki syarat lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Madya. Mengingat tiga calon yang semula hendak mencalonkan diri baru UKW Muda, maka Hasuna terpilih secara aklamasi.

Selain itu, Konferensi IV PWI Kabupaten Simalungun pun hanya diikuti 11 orang dari total 20 anggota pemilik hak suara. Setelah sempat diskors selama dua jam karena peserta belum kuorum, konferensi akhirnya tetap dilanjutkan setelah memenuhi syarat.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, menyampaikan bahwa konferensi tersebut berjalan demokratis dan sesuai aturan. Farianda juga menegaskan bahwa konferensi harus tegak lurus mengikuti PD/PRT yang sudah disepakati dalam Kongres PWI.

“Tidak ada kepentingan saya di sini, saya akan berpedoman pada PD/PRT. Itulah yang kita patuhi dan ini akan saya laporkan ke pusat,” ujar Farianda.

Mewakili Bupati Simalungun, Kadis Kominfo Andri Rahadian menyebutkan PWI merupakan organisasi wartawan yang mempunyai berbagai program yang telah dilaksanakan. Disebutkan, Pemkab Simalungun berharap dukungan PWI terutama dalam pelaksanaan program-program pemerintah.

“Semoga pengurus PWI Simalungun ke depannya bisa berkomunikasi dua arah sehingga nantinya bisa bersinergi sekaligus mendukung program-program Bupati Simalungun dalam mewujudkan visi misi ‘Rakyat Harus Sejahtera,” ujar Andri.

Susunan Pengurus PWI Kabupaten Simalungun periode 2023-2026 terdiri atas Efendi Damanik (Penasehat/Medan Pos), Hasuna Damanik (Ketua/Hr Waspada), Syahru Imran Silitonga (Wakil Ketua/TVRI), Ronald Hutagalung (Sekretaris/Medan Pos), Franki Siburian (Wakil Sekretaris/link24news.com), Tumpak Panjaitan (Bendahara/inimedan.com), Hendro Susilo (Wakil Bendahara/restorasidaily.com).

(pwisumut)