BALIGE – Sekda Toba Drs Augus Sitorus menutup pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Bonapasogit di Hotel Purnama Balige, Kamis (30/11). Dari 12 peserta, 10 wartawan dinyatakan kompeten.

“Dari 12 orang peserta, dua dinyatakan belum kompeten,” ujar Dr Dedi Sahputra mewakili tim penguji.

Secara nasional, jumlah wartawan yang sudah kompeten hingga Angkatan 63 di Balige ini sudah mencapai 18.183 orang. Ditambahkan dari jumlah tersebut, 763 orang di antaranya berasal dari Sumatera Utara.

Dalam arahannya, Augus Sitorus mengatakan bahwa Pemkab Toba sangat mendukung pelaksanaan UKW Bonapasogit. Melalui UKW ini, wartawan yang kompeten khususnya di Kabupaten Toba sudah bertambah.

“Artinya, wartawan sudah lebih profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Bagi peserta yang belum kompeten, jangan kalah semangat dan terus berusaha lagi sesuai ketentuan yang berlaku,” sebutnya.

Augus menambahkan bahwa semakin banyak wartawan yang sudah kompeten akan membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten Toba. Ke depan pun, Pemkab Toba akan menganggarkan dana hibah untuk PWI Bonapasogit dalam penyelenggaraan UKW.

Ketua PWI Bonapasogit, Alfonso Situmorang, bangga dengan terselenggaranya UKW di Toba. Disebutkan, dua hari pelaksanaan UKW diikuti ke-12 peserta. Tak lupa, Alfonso memotivasi peserta yang belum kompeten untuk kembali mengikuti UKW di masa mendatang.

James Sirait, mewakili peserta UKW, mengaku sangat terharu bisa mengikuti UKW. Padahal, James sempat mengalami kecelakaan saat menghadiri pembekalan sehari sebelumnya.

“Walau mengalami kecelakaan saat menghadiri pra UKW, saya tetap bersemangat untuk mengikuti UKW,” ujarnya saat menyampaikan kesan mengikuti UKW.

“Melalui UKW inilah, kami semakin mengerti dengan tata cara wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Saya juga jadi lebih paham teknik wawancara serta masih banyak lagi ilmu yang kami dapat di UKW ini. Terima kasih kepada Pemkab Toba dan PWI Bonapasogit,” katanya. (pwisumut)