MEDAN – Menjadi seorang wartawan harus menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan pastinya tidak boleh plagiat atau copy paste.

Hal ini menjadi catatan penting dalam pidato Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, pada Seleksi Penerimaan Anggota Muda PWI Sumut 2023 di Hotel Madani Medan, Sabtu (16/12).

“Apa yang menandakan Anda wartawan? Kan harus bisa buat berita. Wartawan itu harus profesional, jangan sampai copy paste dalam penulisan beritanya. Haram itu! Jadi tak segampang itu menjadi anggota PWI karena harus bisa mempertanggungjawabkan beritanya,” tegas Bang Nanda, panggilan akrab Farianda.

Farianda menjelaskan, setidaknya ada tiga keuntungan menjadi Anggota PWI Sumut. Pertama, anggota akan diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan untuk membantu wartawan baik yang mengalami cacat ataupun meninggal dunia. Kedua, anggota juga akan mendapat bantuan hukum seiring kemitraan PWI Sumut dengan Polda Sumut.

Terakhir atau ketiga, anggota PWI Sumut juga bisa mengikuti pelatihan pendidikan yang akan lebih sering diselenggarakan di masa mendatang.

“Pendidikan itu penting untuk wartawan, supaya anggota PWI Sumut bisa mendapat bekal yang baik dalam membuat produk jurnalistik. Saya pun sangat berharap ada wartawan Sumut bisa meraih anugerah Adinegoro,” pesan Farianda.

Peneriman Anggota Muda PWI Sumut ini diikuti oleh 55 peserta dari berbagai daerah di Sumut. Kegiatan digelar setelah pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 14-15 Desember 2023.

Turut hadir Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo, Wakil Ketua Bidang Hukum & Pembelaan Wartawan Amrizal, Wakil Ketua Bidang Media Siber & Multimedia Austin Tumengkol, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan, dan pengurus lain. (pwisumut)