JAKARTA – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 mengalami kemunduran jadwal. Dari awal direncanakan 9 Februari diundur menjadi 20 Februari 2024 dan tetap dilaksanakan di Jakarta.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry Ch Bangun, pada rapat pengurus harian PWI di Kantor PWI Pusat, Senin (8/1). Rapat pengurus harian juga dihadiri sejumlah pengurus harian melalui zoom.

Hendry mengungkapkan sejumlah alasan, terutama berkaitan dengan Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Intinya, kata Hendry, PWI juga ingin berpartisipasi dalam Pemilu melalui turut menciptakan suasana kondusif.

“Kami tidak ingin peringatan HPN menciptakan kecanggungan jelang Pemilu,” tuturnya menambahkan 9 Februari 2024 sudah memasuki masa minggu tenang menjelang hari pencoblosan Pemilu.

“Demi kepentingan nasional yang lebih besar, kami undur puncak peringatan HPN. Belum lagi soal keamanan,” tegas Hendry yang juga tidak ingin PWI disebut tidak peka lingkungan.

Dengan pengunduran menjadi 20 Februari 2024 itu, peserta HPN akan lebih tenang karena pesta besar lima tahunan sudah usai, termasuk peliputan.

“Apapun hasilnya, pengunduran peringatan puncak HPN 2024 juga tidak mengubah agenda acara,” tegas Hendry sambil mengimbau agar teman-teman PWI dari daerah tidak booking tiket maupun hotel dulu.

“Kalau biasanya tanggal 7 Februari sudah pada datang, kini datangnya diubah menjadi tanggal 17-an lah,” tuturnya.

Meski puncak peringatan HPN 2024 mengalami kemunduran jadwal, pengurus PWI Pusat tetap menggelar acara di Kantor PWI Pusat berupa syukuran dan tumpengan. Hendry pun berharap seluruh pengurus hadir. (pwipusat)