MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada awal Maret 2024. Gelaran ini merupakan program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan PWI.

“PWI Sumut mendapat jatah menggelar UKW dengan peserta 36 orang yang dibagi dalam enam kelas,” ujar Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE didampingi Sekretaris SR Hamonangan Panggabean dan pengurus harian pada rapat di Gedung PWI Sumut, Jalan Adinegoro Medan, Rabu (24/1).

Dijelaskan, jadwal pelaksanaan UKW pada minggu pertama bulan Maret 2024 dengan 26 peserta yang dibagi enam kelas. Keenam kelas tersebut terdiri atas tiga kelas tingkat muda, dua kelas tingkat madya, dan satu kelas jenjang utama.

Sebagai panitia pelaksana UKW kerja sama dengan BUMN itu, Farianda mengatakan kegiatan akan ditangani oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo. Bagi wartawan yang berminat mengikuti UKW diharapkan segera mendaftarkan diri ke Sekretariat PWI Sumut pada 29 Januari hingga 9 Februari 2024 dengan menyerahkan berkas sesuai ketentuan.

“UKW ini terbuka untuk semua wartawan,” ujar Farianda seraya mengingatkan agar calon peserta yang sudah mendaftar serius untuk mengikuti UKW.

“Jangan sudah mendaftar, tapi tidak hadir pada saat hari pelaksanaan. Hal ini akan merugikan calon lain yang hilang kesempatannya,” ujar Farianda.

Karenanya, lanjut Farianda, peserta yang membatalkan ikut UKW tanpa alasan yang kuat akan dikenakan sanksi administrasi oleh PWI.(pwisumut)