JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dalam gelar wicara berjudul ‘‘Dialog Khusus Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dan Hari Pers Nasional (HPN) 2024”, Selasa (6/2).

Ketua Panitia HPN 2024 Marthen Selamet Susanto didampingi Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 Rita Sri Hastuti bersama Sigit Wijatmoko (Asisten Pemprov DKI Jakarta), Marolli J Indarto (Plt Direktur IK Polhukam-DJIKP Kominfo) serta A Sapto Anggoro (Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers).

Para narasumber mengakui bahwa saat ini dunia media massa mendapat tantangan besar, terutama soal teknologi yang sudah banyak dipengaruhi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Memang harus kita akui, ekspansi media sosial dan media online masif, tapi pemerintah terkait pers sudah membangun ekosistem dengan baik. Pemerintah senantiasa mendukung pers yang memberitakan berita secara berimbang, sekaligus menjadi kontrol dan menyuarakan kebutuhan masyarakat,” ungkap Marolli.

Anggota Dewan Pers Sapto Anggoro menyebut tantangan terbesar insan pers saat ini adalah bertahan menghadapi derasnya arus teknologi. Dikatakan, melihat tantangan terbesarnya adalah memperkuat independensi pers. Saat ini, media yang terverifikasi masih sekitar 1800an media, tapi yang berkualitas tidak lebih 10 persen.

“Kita juga menghadapi tantangan lain yaitu teknologi. Hari-hari ini tantangannya adalah menaklukkan AI. Sebab yang terpenting bagi media hanya satu, yaitu kredibilitas. Kalau tidak kredibel, habis. Ini tantangan kita bersama,” tambah Sapto.

Ada tujuh kategori yang dilombakan dalam Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dengan tema ‘Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi‘. Adapun para juri terdiri atas Dr Artini ,Wina Armada, Jimmy Silalahi, Priyambodo, Kabul Budiono, Merdi Sofansah, dan Tagor Siagian.

Panitia menyediakan hadiah Rp35 juta untuk pemenang tiap kategori, trofi plus piagam penghargaan dari PWI Pusat selaku Panitia HPN 2024. Hadiah akan diserahkan di hadapan Presiden Joko Widodo pada acara puncak HPN 2024 di Ecovention Park Ancol, Jakarta, pada 20 Februari mendatang.

“Anugerah Jurnalistik Adinegoro bukan hanya sekadar penghargaan kepada wartawan, namun kebanggaan kalangan pers di Indonesia baik dari sisi kualitas karya pemenang, kredibilitas dewan juri, hadiah maupun kesempatan berada di tempat terhormat pada puncak peringatan HPN,” ujar Rita Sri Hastuti.

Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023:

  1. Kategori Jurnalistik Media Cetak

Judul: Ada Instruksi Jelang Kontestasi

Media: Majalah Berita Mingguan GATRA

Pemenang: Aditya Kirana

  1. Kategori Jurnalistik Media Siber

Judul: Teror di Tanah Papua

Media: Kumparan

Pemenang: Anggi Kusumadewi, Andreas Ricky Febrian, Erandhi Hutomo Saputra, Agaton Kenshanahan, Abdul Latif, dan Indra Subagja

  1. Kategori Jurnalistik Media Televisi

Judul: Asa Pencari Keadilan

Media Perum LKBN Antara

Pemenang: Hilary Bernadetha Rangan Pasulu, Prisca Triferna Violleta, dan Syamsul Rizal.

  1. Kategori Jurnalistik Media Radio

Judul: Merawat Semangat Kebangsaan Melalui Daulat Energi

Media: Radio Elshinta

Pemenang: Haryo Ristamaji, Arik, dan Rahman.

  1. Kategori Jurnalistik Media Foto

Judul: Semarak Agustusan Siswa Tunanetra dan Autis Lomba Cuci Bendera

Media: Jawa Pos Radar Semarang

Pemenang: Nur Chamim

  1. Kategori Jurnalistik Media Karikatur

Judul: AI, Sahabat atau Musuh?

Media: Ipol.id

Pemenang: Muhammad Syaifuddin

  1. Kategori Jurnalistik Video Media Sosial

Judul: Gagal Ginjal Akut: Anak Masih Harus Terus Cuci Darah, Orang Tua Cari Keadilan

Media: BBC News Indonesia

Pemenang: Anindita Pradana Gunita, Muhammad Irham, dan Valdya Baraputri.

(pwipusat)