MEDAN – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 7-8 Maret 2024 di Kota Medan.

Kegiatan UKW di Medan ini merupakan program yang difasilitasi oleh Dewan Pers, termasuk pembiayaan. Di sisi lain, PWI Sumut hanya sebagai fasilitator untuk menyiapkan tempat dan peserta saja. Demikian disampaikan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE didampingi Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo, Rabu (28/2).

Dikatakan, UKW yang akan digelar dua hari itu diikuti 36 peserta dengan rincian 18 wartawan tingkat muda dan 18 orang tingkat madya. Farianda berharap wartawan di Sumatera Utara memanfaatkan momentum ini. Setelah Dewan Pers, agenda UKW di Sumut berikutnya akan dibiayai PWI Pusat bekerja sama dengan BUMN.

Farianda menyebut wartawan di Sumut yang sudah lulus UKW atau kompeten sebanyak 800 orang lebih. Dari data tersebut, anggota PWI sudah 70 persen kompeten sesuai tingkatan masing-masing.

Program berikutnya, ujar Farianda, pihaknya fokus kepada pendidikan dan pelatihan bagi anggota PWI. Nantinya, PWI Sumut akan memanfaatkan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) sebagai lembaga pendidikan mengasah kemampuan anggota PWI dalam menulis.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo, menambahkan peserta UKW Dewan Pers akan mengikuti Pra-UKW pada Kamis (29/2) via zoom. Sesuai syarat Dewan Pers, ke-36 peserta plus tiga cadangan wajib mengikut Pra-UKW yang nantinya akan diberikan penilaian.
(pwisumut)