JAKARTA – Pasca-Idul Fitri 1445 H, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat akan kembali menggelar kelanjutan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di 38 provinsi se-Indonesia plus daerah PWI khusus di Surakarta.

Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun didampingi Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah mengatakan keberlanjutan UKW gratis ini telah terjadwal sesuai dengan pengajuan pengurus PWI Provinsi tersebut.

Beberapa PWI daerah yang telah siap melaksanakan UKW gratis ini adalah Provinsi Papua Tengah di Nabire sebanyak lima kelas pada 18-19 April 2024. Setelah itu, enam kelas di Provinsi Riau pada 23-24 April 2024, Sumsel sebanyak delapan kelas pada 26-27 April 2024, dan enam kelas di Provinsi Kepri pada 3-4 Mei 2024.

Dengan keberlanjutan UKW PWI gratis, sejumlah Ketua PWI Provinsi menyambut antusias. Ketua PWI Kepri, Andi Gino, berterima kasih kepada sponsor dan PWI Pusat yang memahami kebutuhan meningkatkan kualitas wartawan. Hal senada diungkapkan oleh Ketua PWI Sulawesi Tenggara, Sarjono.

“Program terobosan PWI Pusat sangat tepat terkait untuk meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI. Apalagi ini program gratis yang telah ditunggu-tunggu anggota PWI,” ujar Sarjono.

Bahkan Ketua PWI Sumsel Kurnaidi menyatakan UKW PWI Pusat ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas wartawan di daerah. Hendry Ch Bangun atau biasa dipanggil HCB menambahkan akan melaksanakan UKW di 10 provinsi minimal tahap periode April-Mei 2024 ini.

Disebutkan, beberapa daerah bahkan telah proses upload data peserta UKW. Di antaranya PWI Sultra, PWI Sulteng, PWI Jawa Timur, PWI Sumbar, dan satu provinsi di Kalimantan antara Kalsel atau Kaltara.

Dengan dilaksanakan UKW PWI gratis di 10 provinsi ini, menurut HCB, secara simultan akan meneruskan program UKW gratis PWI Pusat bersama BUMN yang telah digelar sebelumnya. Total pelaksanaan program UKW gratis PWI Pusat sebanyak 20 provinsi.

“Setelah kick off pada akhir Desember 2023, UKW PWI Pusat gratis bersama BUMN yang telah sukses dilaksanakan di Papua Induk, Papua Selatan, Sulawesi Utara, Aceh, Yogyakarta, NTB, NTT, Bengkulu, Lampung, dan Kalteng,” jelas HCB.

Selain pelaksanaan program UKW PWI gratis juga dalam tahun anggaran 2024, Direktur LUKW PWI Pusat Firdaus Komar menyebutkan sebanyak 21 PWI Provinsi mendapat kesempatan UKW gratis dengan fasilitas Dewan Pers. Gelaran UKW fasilitas DP telah dimulai di Medan pada 7-8 Maret lalu. (pwisumut)