Medan – Sejumlah fraksi di DPRD Sumatera Utara mendukung program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Banjarmasin, Agustus mendatang.

Sebelumnya, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Hendro Susanto selaku bendahara dan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumut memberi dukungan terhadap PWI Sumut dalam event Porwanas XIII. Pasalnya, Porwanas merupakan ajang bergengsi bagi wartawan di tingkat nasional.

Dukungan serupa disampaikan kepada Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE secara terpisah oleh Ketua Fraksi Nusantara DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga dan Ketua Fraksi Partai Demokrat Tondi Roni Tua saat membahas dukungan legislatif terkait anggaran program kegiatan.

Menurut Zeira Salim yang juga legislator dari PKB, sudah seharusnya Pemprovsu meningkatkan anggaran program aktivitas untuk PWI Sumut tiap tahun di APBD Sumut. Hal ini karena pemerintah berkepentingan dengan organisasi yang berhubungan dengan banyak orang.

“PWI itu organisasi wartawan, bisa sebagai perpanjangan tangan pemerintah ke masyarakat, melalui media massa menyampaikan segala bentuk informasi,” ungkap Zeira menjelaskan alasannya mendukung anggaran untuk Porwanas PWI Sumut.

Karena itu, pihaknya dari DPRD Sumut mendukung sepenuhnya program PWI Sumut mengikuti Porwanas mendatang. Selain itu, Zeira akan mengawal anggaran untuk Porwanas XIII pada pembahasan anggaran bersama TAPD Pemprov, agar diakomodir pada P-APBD 2024.

“Insya Allah akan kita perjuangkan, agar PWI Sumut bersama tim Porwanas bisa bertarung di kancah nasional,” harapnya, Selasa (14/5).

Demikian halnya Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut Tondi Roni Tua memberi dukungan penuh terhadap program-program PWI Sumut.

“Kami (Fraksi Demokrat-red) berupaya memperjuangkan anggaran untuk PWI Sumut, sehingga bisa ikut Porwanas di Banjarmasin. Tentu di P-APBD 2024 juga kita upaya memperjuangkannya, agar anggaran Porwanas bisa diakomodir dan PWI Sumut bisa membanggakan Sumatera Utara,” tegasnya.

Farianda berharap DPRD Sumut dan Pemprovsu mendukung anggaran Porwanas PWI Sumut sepenuhnya, agar Sumut tidak absen mengirim para atletnya dalam pelaksanaan Porwanas XIII.

“Alhamdulillah, ada harapan besar dari sikap dukungan yang meringankan beban pikiran saya dalam upaya mengirim tim Porwanas PWI Sumut ke Banjarmasin,” ujar Farianda.

Rencananya, tim Porwanas Sumut yang memberangkatkan 60 orang, termasuk pelatih dan pendamping dengan mengikuti cabor futsal, biliar, atletik, bridge, catur, tenis meja, dan domino. Kemudian cabor non medali yakni lomba karya jurnalistik, fotografi, tenis meja IKWI, dan karaoke. (pwisumut)